Subscribe to our articles on Google News here Follow Us Now!

Acintya dalam Perspektif Hindu: Sifat Tak Terpikirkan Tuhan yang Terwujud

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Acintya, sebuah konsep yang mendalam dalam kepercayaan Hindu, terdapat dalam kitab suci Bhagavadgita II.25, XII.3, dan Manawardharmasastra 1.3. Istilah ini ditemukan dalam bentuk Acintyah, Acintyam, atau Acintyasa, menggambarkan sifat yang tidak terfikirkan.

Menurut Bhuwana Kosa, Acintyam diartikan sebagai Suksma Tar Keneng Angen-angen, merujuk pada kegaiban dan ketidakfikiran. I Gusti Ketut Widana, dalam "Mengenal Budaya Hindu di Bali," menyatakan bahwa Acintya mencerminkan salah satu sifat kemahakuasaan Tuhan, bahkan dapat menjadi simbol atau perwujudan kemahakuasaan tersebut.

Sumber kedua menambahkan dimensi lain tentang Acintya sebagai wujud Tuhan yang tak terpikirkan, diungkapkan melalui motif Sang Hyang Acintya pada ulon belakang singhasana Padmasana. Tarian Sang Hyang Acintya, mirip dengan Sivanataraja, dianggap sebagai penciptaan alam semesta.

Dalam Mantram Panca Sembah, Acintya disebut sebagai cintyàya, Dewata yang tak terpikirkan, maha tinggi, dan maha gaib. Konsep ini mencerminkan sifat Atman yang tak terpikirkan, karena pikiran dan kata-kata tak mampu mencapai-Nya.

Bhagavadgita II.25, XII.3 menegaskan Acintya sebagai symbol atau perwujudan kemahakuasaan Tuhan yang tidak terpikirkan. Sifat yang sebenarnya tidak dapat dipikirkan, ternyata dapat diwujudkan melalui media penggambaran, relief, atau pematungan.

Dengan demikian, Acintya membuka jendela spiritualitas Hindu, mengajarkan bahwa apa yang tak terpikirkan dapat terwujud melalui ekspresi budaya dan simbolisasi, mengundang penghayatan mendalam terhadap misteri kemahakuasaan Tuhan.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.